• Bagikan FB
  • Kontributor
  • Komentar0

Relawan Kemanusiaan

 

Jurnal Relawan - Pada kesempatan kali ini izin kan admin memberikan ulasan tentang relawan kemanusiaan yang mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat,Relawan kemanusiaan adalah salah satu orang dan kelompok yang bergerak dan melakukan atas ke sukarelaan yang tidak mengharapkan pamrih,mungkin belakangan ini di setiap bencana alam sering kita jumpai yang namanya Relawan atau Volunteer mereka membantu masyarakat Terdampak bencana tanpa mengharapkan pamrih dan mereka melakukan itu semua atas dasar kemanusiaan dan kepedulian,di lansir dari wikipedia bahwa relawan adalah Kesukarelaan atau Kerja sukarela tanpa mengharapkan imbalan dalam bahasa inggris bisa di sebut Volunteering merujuk pada aktivitas atau kerja Altruistik waktu individu atau kelompok memberikan layanan tanpa keuntungan finansial untuk menguntungkan orang lain, kelompok atau organisasi.

 Oleh karena itu JurnalRelawan.my.id  memberikan berbagai artikel tentang kerelawana,Karena Kesukarelawanan juga terkenal dengan pengembangan keterampilan dan sering dimaksudkan untuk mempromosikan kebaikan atau untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Kesukarelaan mungkin memiliki manfaat positif bagi relawan dan juga untuk orang atau komunitas/Lembaga yang dilayani.

Hal ini juga dimaksudkan untuk membuat suatu hubungan yang dapat memungkinkanya menjadi suatu pekerjaan tetap.

Orang yang ikut kegiatan sukarela dinamakan Sukarelawan atau (bentuk salah menurut KBBI) Relawan. Banyak sukarelawan dilatih secara khusus di bidang pekerjaan mereka seperti dalam bidang medis, pendidikan, atau penyelamatan darurat (rescue). Ada juga sukarelawan yang melayani pada waktu saat dibutuhkan saja, seperti jika terjadi Bencana Alam.


Basis kerelawanan adalah kerelaan tanpa paksaan untuk ikut serta dalam kegiatan kemanusian.
Setiap orang yang bergabung dalam Kerelawanan dengan sadar bahwa Resiko yang di hasil adalah tanggung jawab mereka.
Tidak jarang nyawa mereka menjadi taruhan dalam menolong dan menyelamatkan orang lain.
Di lansir dari BPBD Purwerejo bahwah Relawan Dengan merinci istilah “sukarelawan” menjadi lebih mendasar, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa relawan (sukarelawan) yaitu individu yang mengambil peran atau melakukan kegiatan tertentu atas motif suka dan rela. Sedangkan padanan kata ini dalam bahasa inggris yang paling mendekati ialah “volunteer”
 Menjadi relawan sosial atau volunteer membantu Anda terhubung dengan orang-orang di komunitas tersebut serta masyarakat yang menjadi sasaran.
 Dengan mendedikasikan waktu sebagai relawan sosial, Anda akan lebih mungkin untuk mendapatkan teman baru, meningkatkan keterampilan sosial, dan memperluas jaringan.
Tugas Dan Fungsi Relawan Bencana,Relawan Bencana melakukan kegiatan mengkaji wilayah yang terkena bencana,Menghitung / Asesment jumlah korban dan kerusakan, kebutuhan sumber daya, keter- sediaan sumber daya serta prediksi perkem- bangan situasi ke depan. Relawan juga melakukan perbaikan/pemulihan darurat untuk kelancaran pasokan kebutuhan dasar kepada korban bencana.
 Apakah Relawan Di Gaji?...
Relawan adalah seseorang yang tanpa dibayar dengan sukarela menyediakan waktu dan kemampuannya untuk tujuan tertentu, misalnya di bidang kemanusiaan, lingkungan, pendidikan, dan sosial. ... 
Ini bertujuan untuk mengetahui rekam jejak organisasi atau lembaga yang yang relawan itu ikuti untuk menyelenggarakan kegiatan volunteer.

BERITA TERKAIT